Pengaruh Penerapan Pembelajaran Kontekstual dan intuisi matematik terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika

ABSTRAK

SRI UNY SALEH (G2I1011004), PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DAN INTUISI MATEMATIK TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMA.

Dibimbing oleh Mustamin Anggo (Pembimbing I) dan Busnawir (Pembimbing II)

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran kontekstual dan intuisi matematik terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMA. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian Posttest Only Control Design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa Kelas XI IPA SMAN 1 Unaaha tahun pelajaran 2013/2014 pada pokok bahasan Peluang. Untuk memperoleh data kemampuan pemecahan masalah matematika dan intuisi matematik digunakan instrumen berupa tes kemampuan pemecahan masalah matematika dan intuisi matematik. Teknik analisis data yang digunakan adalah ANOVA General Linear Model. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa: 1) Secara umum penerapan pembelajaran kontekstual terlaksana dengan baik. Pembelajaran kontekstual membantu siswa memahami konsep matematika dan aplikasinya pada kehidupan sehari-hari, serta menjadikan siswa aktif dalam pembelajaran. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan interaksi antara model pembelajaran dengan intuisi matematik (interaction by level) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa di SMAN 1 Unaaha. 3) Kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang memperoleh pembelajaran kontekstual lebih baik dibandingkan dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional di SMAN 1 Unaaha. 4) Terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa berdasarkan intuisi matematik tinggi, sedang, dan rendah. Siswa dengan daya intuisi tinggi cenderung memiliki kemampuan pemecahan masalah matematik yang lebih baik dibandingkan siswa dengan intuisi sedang dan rendah.

 

Kata Kunci: kemampuan pemecahan masalah matematika, intuisi matematik, dan pembelajaran kontekstual

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s